1) Pemeriksaan Periferal
Pemeriksaan dimaksudkan untuk mengetahui apakah perbaikan sudah
berhasil atau belum. Pemeriksaan dilakukan mulai dari pengecekan
kabel, pengetesan cetak untuk printer, dan pengecekan pada Device
Manager pada komputer. Pengecekan pada device manager
dilakukan dengan klik kanan My Computer >> Properties >>
Hardware >> Device Manager.
Pada kotak dialog tersebut di atas terdapat semua hardware yang
terpasang pada komputer. Apabila hardware tersebut sudah terinstal
dan terpasang dengan benar, maka tidak akan muncul tanda “!” pada
hardware tersebut. Apabila ada kegagalan dalam pemasangan atau
penginstalan, akan terdapat tanda “!” pada hardware tersebut.
2) Penyusunan laporan
Setiap terjadi kerusakan atau maintenance pada sebuah periferal perlu
dilakukan pencatatan atau pembuatan laporan. Laporan dapat berupa
log sheet atau sejenisnya, dengan log sheet yang dibuat setiap
melakukan perbaikan terhadap periferal akan mempermudah
pengecekan kondisi komputer dan periferalnya.
Dalam logsheet yang perlu dilaporkan meliputi:
· Tanggal : waktu kapan dilakukan perbaikan suatu periferal
· Nama periferal : nama atau jenis periferal yang dimaintenance
· Gejala kerusakan : gejala dari periferal yang mengalami
kerusakan
· Tindakan korektif : tindakan yang dilakukan untuk melakukan
perbaikan terhadap periferal.
· Keterangan : dapat berupa hasil dari perbaikan periferal.
Pemeriksaan dimaksudkan untuk mengetahui apakah perbaikan sudah
berhasil atau belum. Pemeriksaan dilakukan mulai dari pengecekan
kabel, pengetesan cetak untuk printer, dan pengecekan pada Device
Manager pada komputer. Pengecekan pada device manager
dilakukan dengan klik kanan My Computer >> Properties >>
Hardware >> Device Manager.
Pada kotak dialog tersebut di atas terdapat semua hardware yang
terpasang pada komputer. Apabila hardware tersebut sudah terinstal
dan terpasang dengan benar, maka tidak akan muncul tanda “!” pada
hardware tersebut. Apabila ada kegagalan dalam pemasangan atau
penginstalan, akan terdapat tanda “!” pada hardware tersebut.
2) Penyusunan laporan
Setiap terjadi kerusakan atau maintenance pada sebuah periferal perlu
dilakukan pencatatan atau pembuatan laporan. Laporan dapat berupa
log sheet atau sejenisnya, dengan log sheet yang dibuat setiap
melakukan perbaikan terhadap periferal akan mempermudah
pengecekan kondisi komputer dan periferalnya.
Dalam logsheet yang perlu dilaporkan meliputi:
· Tanggal : waktu kapan dilakukan perbaikan suatu periferal
· Nama periferal : nama atau jenis periferal yang dimaintenance
· Gejala kerusakan : gejala dari periferal yang mengalami
kerusakan
· Tindakan korektif : tindakan yang dilakukan untuk melakukan
perbaikan terhadap periferal.
· Keterangan : dapat berupa hasil dari perbaikan periferal.
Komentar
Posting Komentar